MEMULAI MICROSOFT ACCESS 2007
Untuk
menjalankan Microsoft Access 2007 dapat dilakukan dengan memilih tombol Start
pada taskbar, pilih All Programs, kemudian pilih Microsoft Office dan klik
pilihan Microsoft Office Access 2007. Setelah menjalankan Microsoft Access
2007, Access akan menampilkan Getting
Started With Microsoft Office Access
page seperti pada gambar.
KOMPONEN ACCESS 2007
Sebelum anda
lebih jauh belajar Access 2007, sebaiknya mengenal dahulu mengenai komponen
untuk mempermudah pengoprasian.
1.
Office Button
Tombol yang menampung perintah menu yang sering digunakan dalam access
antara lain; New, Open, Save, Save as, Close, Database dan perintah lainya.
2. Quick Access ToolBar.
Kumpulan tombol untuk melaksanakan suatu perintah tertentu dalam
mengoprasikan Access 2007.misal; Save, Undo, Redo.
3. Title Bar Berfungsi
untuk menempilkan nama dari jendela program tersebut, selain itu berfungsi
untuk memilih posisi jendela program tersebut.
4. Minimize Tool Untuk
meminimalkan jendela program Access 2007 sehingga tampilan berubah menjadi
sebuah ikon yang diletakan pada taskbar Windows XP.
5. Maximixe Tool
Berfungsi untuk memaksimalkan ukuran jendela program, sehingga tampilanya
memenuhi layar monitor.
6. Close Tool berfungsi
untuk menutup jendela atau keluar dari program Access 2007
7. Status Bar Digunakan
untuk menampilkan status aktif dari lembar kerja program Access 2007 misalnya;
Caps Lock, Num Lock, Scroll Lock.
Dalam Microsoft Access 2007, anda tidak menjumpai deretan menu pada menu
bar. Karena dalam program Access 2007, menu bar sudah digantikan dengan
tampilan tab yang didalamnya
terdapat grup-grup. Dalam masing –masing grup terdapat beberapa tombol perintah.
Meskipun tidak
menampilkan menu bar anda dapat menggunakan/ menekan tombol dialog yang
terdapat pada masing – masing grup atau dapat juga menggunakan Shortcut Menu (menu popup) juga dengan
menggunakan Shortcut Key (misal: Ctrl
+S)
MENUTUP PROGRAM ACCESS 2007
Untuk menutup
Access 2007, dapat dilakukan Klik tombol
Office →Exit Access atau Close pada sudut kanan atas jendela
Access 2007.
PENGERTIAN TABEL,FIELD DAN RECORD
Seperti kita ketahui bahwa database merupakan kumpulan
dari beberapa table yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang saling
berhubungan.Tabel merupakan kumpulan
beberapa record dan field sebagai ilustrasi adalah sebagai berikut :
Nim
|
Nama
|
Alamat
|
Nilai
UNAS
|
Nilai
UAS
|
||
01
|
Nina
|
90
|
90
|
|||
|
Devi
|
80
|
70
|
|||
03
|
Zatira
|
80
|
80
|
Jadi yang dimaksud dengan fields adalah atribut yang dimiliki oleh suatu table. Sedangkan Recods
adalah isian data yang dimiliki
oleh tabel.
KETERANGAN :
Field Name : Fungsinya untuk memasukan nama- nama field dari suatu table.
Data Type : Jenis tipe data yang dikenal pada Microsoft Access adalah :
Text
|
Serangkaian huruf, angka, spasi dan
tanda baca
|
Memo
|
Serangkaian kata yang sangat panjang
berupad ata campuran antara huruf, spasi dan tanda baca.
|
Number
|
Data berupa angka untuk perhitungan
matematika
|
Data/Time
|
Data Berupa tanggal dan waktu
|
Currency
|
Data berupa nilai mata uang untuk
perhitungan matematik
|
Auto Number
|
Bilangan atau penemoran beraturan
secara berurutan otomatis dan nilainya tidak dapat dirubah
|
Yes/No
|
Data masukan yang berupa penyangkalan
|
OLE Object
|
Digunakan untuk eksternal objek
misalnya gambar, suara dsb.
|
Hyperlink
|
Gabungan dari tek dan numeric yang
disimpan dalam bentuk tek digunakan untuk menyimpan pointer ke situs web
|
Lookup Wizard
|
Untuk memilih sebuah nilai dari table
lain atau list box atau combo Box
|
Description :Keterangan yang akan mempermudah dalam
memahami field name.
Primary Key :
Untuk menghindari terjadinya pemasukan data yang sama/dobel atau sebagai field index utama atau field
kunci pengurutan data dari sebuah table.(Gambar Kunci)
MEMULAI LEMBAR KERJA
Memulai lembar
kerja baru dari getting started dipilih Blank Database→File Name→Create
Create : Untuk
Membuka jendela dokumen
.accdb : file
ekstensi Access Database
PEMBUATAN TABEL
Setelah Buka jendela program(Create)
selanjutnya kita memulai dengan membuat objects Tabel.
Pada menu Tab pilih Create →Table Design
Setelah field name dan Data Type sesuai format yang
diinginkan dan berikan Primary Key selanjutnya
disimpan(Save) mis: daftar karyawan→ OK
MEMBUAT FORM
Untuk menghasilkan tampilan yang
lebih kumunikatif, maka dibutuhkan suatu interface yang dapat membantu pengguna
atau operator dalam menjalankan suatu program aplikasi, salah satunya adalah form. Untuk membuat form otomatis caranya
sangat mudah karena field yang digunakan semua yang ada pada Tabel sebagai
sumber datanya.
Selanjutnya pilih Style form→Next dan isikan title untuk form misal : Daftar karyawan→Finish
Tombol Navigasi pada Form Wizard
·
Tombol “>” untuk memasukan field dari kolom Available Fields ke dalam kolom Selected Fields satu persatu
·
Tombol “>>” untuk memasukan field dari kolom Available Fields ke dalam kolom Selected Fields secara bersamaan
·
Tombol “<” untuk mengembalikan field dari kolom Selected Fields ke dalam kolom Available
Fields satu persatu
·
Tombol “<<” untuk mengembalikan field dari kolom Selected Fields ke dalam kolom Available Fields secara bersamaan
Pembuatan form
dengan menggunakan fasilitas wizard tampilanya kurang sesuai dengan yang
dikehendaki. Anda dapat mendesainya dan
mengatur sendiri sesuai keinginan. Atau dapat juga anda menambahkan Header, footer,image, mengganti warna
background, font. Dan untuk mendesain form anda dapat gunakan salah satu
jendela tampilan yaitu : Home→View→
:
Form View : Untuk mengisi dan
melihat tampilan form yang telah dimodifikasi
Layout View : Untuk memodifikasi
dan melakukan perubahan pada form.
Design View :
Memberikan tampilan detail dari struktur form. Anda dapat melihat bagian
Header, Detail, dan Footer. Juga bisa menambahkan,Label, Garis , Image, persegi
panjang dan lainnya.
Logo :
merupakan control yang berfungsi untuk menampung objek gambar yang terletak
pada bagian Form Header.
Aa Label : fungsinya hampir sama dengan Title hanya saja
penempatan label dapat disembarang tempat area form.
PEMBUATAN REPORT
Report atau laporan merupakan bentuk olahan data yang
didesain untuk dicetak ke media cetak atau printer. Access memudahkan pekerjaan
pembuatan laporan karena menyediakan fasilitas Refort Wizard yang mampu digunakan untuk merancang berbagai
bentuk Report. Anda dapat menampilkan semua field dan record dari sebuah table,
form yang telah diisi serta memodifikasi laporan pada jendela Layout dan Design View.
Report Wizard digunakan sumber data dari table dan form yang telah dibuat. Langkah kerjanya klik Create→Report Wizard sehingga akan tampil kotak dialog report wizard pertama
Gunakan tombol
navigasi yang ada untuk memindahkan posisi nama field dari kolom Available Fields ke kolom Selected
Fields (caranya seperti pembuatan
Form)
Klik Next untuk melanjukan proses. Anda diminta untuk menentukan
nama field tertentu yang dapat digunakan sebagai kunci pengelompokan untuk
hasil report yang diinginkan.
Klik Next untuk melanjutkan Proses. Pada kotak ini anda diminta untuk menentukan nama
field yang dapat digunakan sebagai kunci pengurutan untuk masing –masing group
untuk report. Pola pengurutan secara Ascending(menaik)
dan Descending(menurun)
Klik Next untuk memilih pola atau bentuk tampilan
report pada bagian layout dengan berbagai pilihan Portrait (halaman kertas tegak) dan Landscape (kertas mendatar)
Selanjutnya anda
diminta memberikan nama title untuk report. Secara default nama report akan
disamakan dengan nama table atau form sebagai sumber data pembuatan report.Anda
dapat mengganti nama report yang lebih komunikatif dan mudah untuk
diingat. Setelah itu Klik Finish untuk mengakhiri pembuatan report dan laporan
yang telah terbentuk pada gambar dibawah ini:
MEMODIFIKASI
REPORT
Memodifikasi
report sama dengan memodifikasi
Form yaitu :pada struktur Report(Header,
Detail, Footer) dengan cara Home→View→
:
Report View : Berfungsi
untuk melihat tampilan report yang telah diisi dan dimodifikasi.
Print Preview : Berfungsi
untuk melihat batas pencetakan dokumen
Layout View : Untuk
melakukan perubahan pada Report
Design View :Untuk
memodifikasi Report(Header, Footer, warna, image dan lainya.
Pengisian
(input data) dan perubahan data hanya dapat dilakukan pada Form yang telah
dibuat.
No comments:
Post a Comment